Oleh: amplas | September 18, 2008

SEKEDAR MENGINGATKAN DI BULAN RAMADHAN

Semua umat Islam didunia telah memasuki masa Ramadhan. Setahun sekali, atau 1 dari 12 bulan yang Allah kreasikan adalah Ramadhan. Apa yang bisa terjadi pada masa Ramadhan ?

Yang pertama adalah suasana religius mendominasi hari-hari. Terutama pada pagi, petang, dan malam. Kalau siang biasa saja …… lapar. Kita bisa lihat suasana religius terbentuk bahkan sejak menjelang Ramadhan. Lihat saja di televisi, stasiun TV mana yang tak menayangkan tontonan bernuansa Islami ? Ada nggak ya….? Belum lagi tayangan sinetron bernafaskan Islam, sulit sekali menentukan cerita mana dan Channel mana yang akan jadi tontonan kita. Sebab semua stasiun TV sama-sama menayangkan sinetron yang ceritanya sama-sama gampang ketebak : basi ! Tapi sepertinya tetap saja masyarakat kebanyakan lebih suka nonton sinetron basi itu, gonta-ganti channel, hanyut dalam dongengan layar kaca.

Ramadhan membuat kita harus menahan keinginan diri dari segala kemauan yang terlarang. Seperti makan dan minum, melupakan amarah, mengumbar birahi, dan menebar gossip/ghibah. Tapi seperti tahun-tahun sebelumnya, sepertinya larangan-larangan tersebut agak sulit juga dipatuhi. Kalau soal menahan lapar dan haus, itu gampang. Yang paling sulit umumnya adalah menahan amarah, menahan pandangan, menahan pendengaran, dan segala hal yang sifatnya “daleman”

Kadang-kadang sulit menahan emosi. Di Bulan Ramadhan ini gampang sekali emosi kita teruji dengan hal-hal yang terjadi diluar dugaan. Misalnya didalam bis kota atau angkutan kota yang sejenisnya yang penuh sesak dan menyesakkan, mudah sekali emosi kita terbakar. Lagi susah payah berdiri menahan kantuk, tiba-tiba ada penumpang lain yang tak sengaja mendorong, menyikut, menginjak, meludah, dan memuntahi kita “waduuuh”.

Misalnya lagi, ketika sedang belanja mall, mata kita terpana melihat pramuniaga atau juga yang sama-sama sedang belanja, yang berpakaian seperti lontong atau lepet. Sebenarnya kita sudah berusaha menatap sekali saja pemandangan “makhluk cantik” ciptahan tuhan itu. Kita pasti ingat setelah pandangan pertama, adalah ….. jelas pandangan kedua…..(ga mungkin langsung ke – 11). Nah permasalahannya, perempuan – perempuan yang berpenampilan “syurr” itu tak hanya satu, banyak sekali yang lalu-lalang, melintas, berpapasan, bahkan berpepetan. Ini yang paling bahaya, mepet !.

Satu hal lagi yang paling sulit untuk dikendalikan saat Ramadhan adalah ghibah. Tau ghibahkan, kalo ga tau kebangetan deh lo! Kita kadang sering lupa diri kalau sudah mendengarkan gossip atau bahkan ketika kita sedang menyebarkan gossip. Kita tak sadar kalau bibir kita sudah melampaui batas kemonyongan, tetap saja asyik mengghibahi teman kerja, teman sekolah, teman kuliah, teman main, dan teman-teman.

Pada masa Ramadhan kita terbiasa makan bersama, ini yang enak dirasakan, walaupun hanya berbuka puasa dengan air putih dan dua rantang kolak, tapi kalau dilakukan bersama-sama dengan keluarga, kolega, teman, partner, dan awas ya ….. jangan berdua dengan pacar, itu namanye puase begaye doang ! Masa Ramadhan memang diciptakan Allah sebagai masa penuh berkah, penuh kasih sayang, dan penuh dengan kelembutan. Semua ini biasa kita rasakan bersama keluarga dan kolega. Kita patut bersyukur, Allah menciptakan satu bulan yang penuh dengan suasana indah.

Tapi ingat sekali lagi. Justru masa Ramadhan ini kita lebih gampang tak tahan ujian. Karena itu, sekedar mengingatkan, mari kita masuki masa Ramadhan ini dengan tekad yang bulat untuk meningkatkan kualitas kemanusiaan kita sebagai makhluk spiritual. (he…he..he..sepertinya lebih pantas Aa Gym yang ngomong deh ketimbang gue)

Sekedar mengingatkan, di bulan Ramadhan !

Tolong jangan tukar sandal bututmu dengan punya tetanggamu !

Tolong jangan pakai pakaian yang menyembulkan lekukan dan tonjolan dibadan mu !

Tolong jangan ajak teman mu kalau mau makan siang di warung nasi !

Tolong belajar mengurangi ghibah, toh … kamu juga tak suka dighibahi !

Sekedar mengingatkan, ini Ramadhan !

Tolong jangan marah-marah, sebab semua orang juga bisa marahin kamu, tapi ini Ramadhan

Tolong jangan sok suci, sebab semua orang juga bisa berpura-pura alim seperti kamu, tapi ini Ramadhan !

Tolong jangan lirik istri tetangga, sebab semua orang juga bisa melirik istrimu !

Sekedar mengingatkan, di bulan Ramadahan

Khusunya untuk mengingatkan kepada diri pribadi penulis, umumnya kepada pembaca Tabloid TASMAN14 yang budiman, adik-adik siswa siswi SMA Negeri 14 Tangerang, dan teman-teman kerja disekolah.

Sekedar mengingatkan, ini bulan Ramadhan !

Semoga 11 bulan berikutnya kita bisa merasakan Ramadhan pula.

Sumber dari sarikata

Oleh : Admin 070880

Kritik dan saranya kami tunggu di E-mail ian070880@yahoo.com


Responses

  1. benar apa yang saya baca diatas bahwa ramadhan adalah bulan yang baik , terima kasih atas pencerahannya untuk kami semua.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: